Tips Memilih Pilihan

Hidup adalah pilihan dan kita harus memilih.  Begitu banyak pilihan yang ada dihadapan kita yang sering membuat kita bingung memilihnya bahkan membuat kita pusing mual-mual mau muntah karena memikirkannya.


Tuhanlah Maha membolak-balikkan hati manusia. 



Maka, ketika engkau dihadapkan dengan pilihan-pilihan, terutama pilihan-pilihan yang rumit, maka mintalah bimbingan Tuhan agar diberi jalan yang terbaik. 

Bukankah keragu-raguan itu datangnya dari syetan? 

Maka, mantapkan pilihanmu! Ilmu “menentukan pilihan” juga penting guna menangkal kesesatan dan kemungkaran.

Ketika kita dihadapkan pada 2 pilihan atau lebih agar tidak bingung maka pilihlah mana yang semakin mendekatkan diri kita kepada Tuhan. Dan apabila dua duanya sama mendekatkan diri kepada tuhan maka pilihlah mana yang banyak mendatangkan manfaat untuk orang lain.
Yang sering disalah pahami, bahwa istikhara’ ini hanya dilakukan dengan cara shalat dua ra’aat yang dikenal dengan shalat istikhara’. Padahal istikhara’ ini sangat luas maknanya dan ada bermacam cara melalukannya. Meminta pendapat teman,  keluarga, Kiai, juga bagian dari istikhara’.
Ada juga ulama yang memberikan nasehat, bahwa ketika bermacam cara istikhara’ mulai dari shalat dan meminta pendapat orang lain belum membuat hati kita mantap, maka ambillah al-Qur’an, baca shalawat nabi tiga kali, an-naas tiga kali, lalu mohonlah kepada Allah agar Ia memberikan petunjuk melalui kalamullah.
Lalu bukalah mushaf al-Qur’an, dan bacalah ayat pertama di sudut kanan paling atas. Jika itu adalah ayat-ayat tentang kebaikan, misal tentang surga keimanan, maka lakukanlah apa yang menjadi niatmu. Dan sebaliknya, jika itu adalah ayat-ayat ancaman, larangan, siksaan dan sejenisnya maka jangan lakukan.
Cara seperti ini tentu tidak tepat untuk memutuskan memilih Siti atau  Zainab, Ahmad yang tampan atau Ghufron yang kaya. Untuk soal memilih jodoh  mungkin cukup dengan shalat istikhara dan dialog dengan orang-orang di sekitar.
Semoga kita senantiasa mendapatkan bimbingan Allah dalam menentukan pilihan!


Comments
0 Comments

0 komentar :

Posting Komentar