Analisis sistem basis data pada Abadi Hotel

A.        Aturan Dan Proses Bisnis
Aturan dan roses bisnis yang terdapat pada online resevasi di Abadi Hotel adalah sebagai berikut :
1)      Pelanggan yang ingin melakukan pencarian reservasi harus menentukan tanggal check in dan check out.
2)      Pelanggan harus memilih tipe kamar yang diinginkan.
3)      Untuk pelanggan baru diwajibkan melakukan registrasi terlebih dahulu, dan bagi
pelanggan yang pernah melakukan registrasi berarti telah menjadi member dan dapat langsung login untuk proses selanjutnya.
4)      Pembayaran dapat dilakukan melalui Credit Card dan bisa juga Pay On Arrival.
5)      Konfirmasi berupa faktur akan dikirimkan  melalui email pelanggan.
6)      Pelanggan harus mencetak faktur untuk ditunjukkan kepada pihak hotel pada hari kedatangan.

B.   Analisis Kebutuhan Data Dan Informasi Setiap User View
Administrator
Administrator adalah seseorang yang berwenang dan mengetahui seluk beluk database dan program website online reservasi pada Abadi hotel. Pekerjaan yang dapat dilakukan oleh administrator adalah sebagai berikut :
1.      Administrator bisa mengolah (merubah, melihat ) data-data profile .
2.      Administrator bisa mengolah (menghapus, melihat, menambah ) data kamar.
3.      Administrator bisa mengolah (menambah, merubah, menghapus, melihat) link website.
4.      Administrator bisa mengolah (menambah, merubah, menghapus, melihat ) galeri.
5.      Administrator bisa mengolah (menambah, menghapus, melihat) event/promo yang di upload.
6.      Administrator bisa mengolah (membuat, merubah, menghapus, melihat) pengumuman / info.
7.      Administrator bisa mengolah ( menghapus, melihat ) data pelanggan.
8.      Administrator bisa mengolah (melihat , menghapus, membalas) email pada contact us yang ditulis pengunjung.
Data yang dibutuhkan oleh administrator adalah sebagai berikut :
1.    Data pelanggan
2.    Data kamar hotel
3.    Data jenis kamar
4.    Data reservasi
5.    Informasi yang disajikan di website (contact us, pengumuman/info, event/promo)

Guest / Pengunjung
Guest/Pengunjung merupakan orang yang berwenang untuk mencari dan memesan kamar. Adapun pekerjaan yang dapat dilakukan oleh Guest/Pengunjung adalah sebagai berikut :
1.      Pengunjung bisa melihat profile hotel.
2.      Pengunjung bisa mengisi dan melihat form reservasi.
3.      Pengunjung bisa menghubungi administrator menggunakan fasilitas contact us.
4.      Pengunjung bisa melihat galery.
5.      Pengunjung bisa melihat link.
6.      Pengunjung bisa melihat pengumuman/info.
7.      Pengunjung bisa melihat event/promo

Data yang dibutuhkan pengunjung antara lain sebagai berikut :
1.    Data jenis kamar yang tersedia berdasarkan tanggal yang diinginkan.
2.    Data harga kamar.
3.    Nomor Contact Person.

Manager
Manager merupakan orang yang berwenang untuk melihat laporan dari semua kegiatan serta memberikan keputusan jangka panjang terhadap sistem basisdata yang telah ada. Adapun pekerjaan yang dapat dilakukan oleh Manager adalah sebagai berikut :
1.    Manager bisa melihat laporan data pelanggan yang telah melakukan reservasi.
2.    Manager bisa melihat laporan pembayaran yang dilakukan oleh pelanggan.
3.    Manager bisa melihat laporan data kamar yang telah direserved oleh pelanggan.
4.    Manager bisa melihat laporan komplain pelanggan.
5.    Manager bisa melihat laporan transaksi reservasi.
6.    Manager bisa melihat laporan type kamar yang paling diminati oleh pengunjung.


Data yang dibutuhkan oleh manager antara lain sebagai berikut :
1.    Data pelanggan
2.    Data jenis kamar
3.    Data kamar
4.    Data pembayaran
5.    Data reservasi (check in dan check out)

C.   Dokumentasi Entity, Relationship, Dan Atribut Untuk Desain Konseptual

Dokumentasi Jenis Entitas
Nama Entitas
Deskripsi
Alias
Peristiwa
Pelanggan
Terminologi umum untuk setiap orang yang secara resmi terdaftar dan ikut serta dalam proses reservasi.
Pelanggan, Guest
Setiap pelanggan yang terdaftar sebagai member di Online Reservasi Blabla Hotel
Kamar
Terminologi umum untuk setiap tempat yang secara resmi terdaftar dan tersedia di Blabla Hotel
Kamar
Setiap kamar  yang tersedia pada Hotel
Type_Kamar
Pilihan kamar yang ditawarkan kepada pelanggan.
Type Kamar, Jenis Kamar
Setiap type kamar  yang tersedia di Blabla Hotel

Dokumentasi Jenis Relationship
Nama Entitas
Multiplicity
Relationship
Multiplicity
Nama Entitas
Pelanggan
0..*
Reservasi
1..*
Kamar
Kamar
0..*
Memiliki
1..1
Type_Kamar

Dokumentasi Atribut
Nama Entitas
Atribut
Deskripsi
Tipe Data dan Panjang
Null
Multi-Value
Pelanggan
Id_Pelanggan
Nama
NoHp

Email
Password
No urut pelanggan
Nama pelanggan
No handphone pelanggan
Email pelanggan
Password untuk login
6 karakter fix
25 karakter v
12 karakter v

25 karakater v
10 karakter v
X
X
X

X
X
X
X
X

X
X
Kamar
No_Kamar
Harga
No urut kamar
Harga sewa kamar
3 karakter fix
10 karakter i
X
X

X
X
Type_Kamar
Id_typekamar
Nm_Kamar
No urut type kamar
Nama type kamar
2 karakter fix
20 karakter v
X
X

X
X


D.   Model Data Konseptual


E.   Model Data Relasional

F.   Dokumentasi Relasi Untuk Model Data Relasional
Dokumentasi Jenis Entitas
Nama Entitas
Deskripsi
Alias
Peristiwa
Pelanggan
Terminologi umum untuk setiap orang yang secara resmi terdaftar dan ikut serta dalam proses reservasi.
Pelanggan, Guest
Setiap pelanggan yang terdaftar sebagai member di Online Reservasi Abadi Hotel
Kamar
Terminologi umum untuk setiap tempat yang secara resmi terdaftar dan tersedia di Abadi Hotel
Kamar
Setiap kamar  yang tersedia pada Abadi Hotel
Type_Kamar
Pilihan kamar yang ditawarkan kepada pelanggan.
Type Kamar, Jenis Kamar
Setiap type kamar  yang tersedia di Abadi Hotel
Reservasi
Terminologi umum untuk setiap transaksi pemesanan kamar hotel
Reservasi, pemesanan
Setiap reservasi yang tersedia di Abadi Hotel

Dokumentasi Jenis Relationship
Nama Entitas
Multiplicity
Relationship
Multiplicity
Nama Entitas
Pelanggan
1..1
Melakukan
1..*
Reservasi
Reservasi
0..1
Reserved
1..1
Kamar
Kamar
0..*
Memiliki
1..1
Type_Kamar

Dokumentasi Atribut
Nama Entitas
Atribut
Deskripsi
Tipe Data dan Panjang
Null
Multi-Value
Pelanggan
Id_Pelanggan (PK)
Nama
NoHp

Email
Password
No urut pelanggan
Nama pelanggan
No handphone pelanggan
Email pelanggan
Password untuk login
6 karakter fix
25 karakter v
12 karakter v

25 karakater v
10 karakter v
X
X
X

X
X
X
X
X

X
X
Kamar
No_Kamar (PK)
Harga
Id_typekamar (FK)
No urut kamar
Harga sewa kamar
No urut type kamar
3 karakter fix
10 karakter i
2 karakter fix
X
X
X
X
X
X
Type_Kamar
Id_typekamar (PK)
Nm_Kamar
No urut type kamar
Nama type kamar
2 karakter fix
20 karakter v
X
X
X
X
Reservasi
Id_Reservasi (PK)
Check_In
Check_Out
Type_byr
No_Kamar (FK)
Id_Pelanggan (FK)
/Total
No urut reservasi
Tanggal kedatangan
Tanggal kepulangan
Type pembayaran
No urut kamar
No urut pelanggan
Total pembayaran setelah dikalikan dengan lama menginap (Check out – check in)
8 karakter fix
Penanggalan
Penangggalan
Pilihan ( 0 / 1)
3 karakter fix
6 karakter fix
15 karakter f
X
X
X
X
X
X
X
X
X
X
X
X
X
X


Comments
1 Comments

1 komentar :

Unknown mengatakan...

tess

Posting Komentar