Mahasiswa Kupu-Kupu

Apa sih yang sobat lakukan sehabis perkuliahan ? pulang ? nongkrong di kantin ? atau ngerjain tugas bareng teman ? atau langsung pulang dan tidur ?

Kuliah merupakan tindak lanjut dari proses belajar-mengajar yang telah kita tekuni semenjak SD, SMP, dan SMA. Bahkan bagi segelintir orang telah menekuninya semenjak playgrup atau TK. Apakah pernah terlintas kata “bosan” dan “capek” dalam benak sobat semua ? Tentu saja pernah terutama saat tugas kuliah mulai berdatangan dan menumpuk. Walaupun sebagian dari sobat tidak mengerjakannya sendiri tentu capek juga mencari contekkannya.

STOP menjadi mahasiswa kupu-kupu!

Mahasiswa kupu-kupu adalah julukan bagi mahasiswa yang kerjaannya hanya datang ke kampus saat jam perkuliahan dan lanjut pulang ketika perkuliahan selesai atau bisa disebut dengan “Kuliah Pulang Kuliah PUlang” yang disingkat menjadi KUPU-KUPU. Banyak hal-hal lain yang tentunya hal-hal positif dan berguna yang bisa sobat lakukan. Kami akan memberikan beberapa pilihan untuk sobat agar berhenti menjadi mahasiswa kupu-kupu.

  1. Ikut berorganisasi
    Organisasi adalah sekumpulan orang-orang yang memiliki satu tujuan yang sama namun memiliki tugas, fungsi dan peranan yang berbeda-beda di dalamnya. Organisasi dapat mengajarkan kita bagaimana caranya bersikap sesuai dengan posisi kita, bagaimana kita menjaga kekeluargaan dan meminimalisasikan perselisihan, serta mendidik kita tentang kedisiplinan. Organisasi merupakan tiang dasar terbentuknya sebuah perusahaan. Bagaimana mungkin sebuah perusahaan dapat berdiri tanpa ada struktur organisasi didalamnya. Tujuan utama kita mengenyam ilmu di bangku kuliah tentunya untuk mencari sebuah pekerjaan nantinya. Jika kita memiliki sedikit pengalaman di organisasi, kita tidak akan merasa canggung saat berada di dunia kerja. Nah banyak sekali organisasi yang bisa sobat temukan di kampus antara lain seperti UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa), HIMA (Himpunan Mahasiswa), dan BEM (Badan Eksekutif Mahasiswa). 
  2. Bentuk Tim Belajar Kelompok
    Tugas kuliah tentunya tidak hanya bersifat individu. Ada beberapa dosen pengasuh mata kuliah yang memberikan tugas secara berkelompok. Belajar kelompok tidak hanya dilakukan saat adanya tugas kelompok saja. Tugas individu juga bisa sobat kerjakan dengan cara berkelompok. Dengan berkelompok sobat bisa berdiskusi dan saling mentransfer ilmu kepada teman-teman sobat. Bagi sobat yang merasa kurang mampu dan kurang cepat dalam menangkap pelajaran yang dijelaskan oleh dosen, sobat bisa belajar dan bertanya kepada teman sobat yang memiliki level kemampuan menyerap pelajaran lebih tinggi di atas sobat. Selain dapat ilmu, belajar kelompok ini bisa juga mempererat tali persahabatan sobat dengan teman-teman sobat. 
  3. Berkunjung ke Perpustakaan
    Perpustakaan yang merupakan suatu ruangan yang terdekorasi dengan buku-buku yang terpajang rapi pada rak-raknya ini merupakan tempat yang paling nyaman dalam membantu sobat saat memiliki kesulitan menyelesaikan tugas kuliah. Koleksi buku perpustakaan yang banyak tidak hanya menampung buku-buku referensi dan pelajaran saja, namun juga menyediakan buku-buku non-formal, novel, majalah, dll. Sobat juga bisa belajar kelompok di perpustakaan loh, tapi ingat jangan berisik karena dapat mengganggu ketenangan pengunjung lain. 
  4. Menjadi AsLab (Asisten Labor) atau AsDos (Asisten Dosen)
    Menjadi seorang mahasiswa tentu menjadi kebanggaan tersendiri bagi diri kita. Tidak semua orang dapat mengenyam pendidikan di bangku kuliah. Menjadi seorang asisten dosen atau asisten labor tentu menjadi nilai plus tambahan bagi sobat. Selain dikenal oleh banyak teman, sobat juga dikenal oleh dosen-dosen lainnya. Menjadi seorang asisten tentu tidak gratis. Sobat akan mendapatkan materi dari hasil kerja sobat sebagai asisten ini. Hal ini tentu meringankan beban orang tua sobat. Sobat tidak perlu lagi meminta uang jajan kepada mereka. Bahkan ada yang sampai mendapatkan beasiswa kuliah gratis loh. W-O-W banget nggak tuh. 
  5. Online di Kantin
    Hidup seorang mahasiswa tentu tak lepas dari dunia maya. Bahkan kebanyakkan mereka hidup di dunia maya ketimbang dunia nyata. Begitu banyak jejaring social network yang diciptakan orang-orang super itu telah mempengaruhi sebagian besar prestasi seorang mahasiswa. Eits, dunia maya tidak hanya sebatas social network loh, dari dunia maya sobat juga bisa belajar dan berbagi ilmu (berdiskusi online) bahkan ada juga yang mencari uang. Kembali ke tugas kuliah, berdiskusi dengan teman masih kurang untuk menambah ilmu dan wawasan kita. Koleksi buku perpustakaan belum tentu selalu up to date. Dikarenakan ilmu tidak akan mendatangi kita yang hanya berdiam diri, maka kejarlah. Tuhan itu selalu memberikan cobaan sesuai dengan kemampuan kita, berbeda dengan dosen yang selalu memberikan tugas diluar kemampuan kita. Begitu banyak referensi pelajaran, tips dan trik yang dapat sobat temukan melalui om Google. Oleh karena itu kampus-kampus keren biasanya dilengkapi dengan hotspot gratis untuk mahasiswanya. Manfaatkanlah fasilitas ini selain membuka facebook ya sobat. 
  6. Aktivitas di luar kampus
    Berorganisasi, belajar kelompok, dan berinternet ria tidak hanya bisa dilakukan dikampus saja. Ada banyak sekali organisasi-organisasi dan forum-forum serta komunitas diluar kampus. Bagi sobat yang tidak tertarik dengan organisasi di lingkungan kampus, sobat juga bisa ikut organisasi dan komunitas atau forum di luar. Ada juga sebagian orang yang mengisi waktunya dengan bekerja separuh waktu. Wah, mandiri sekali dan beruntungnya mereka yang telah bekerja sekaligus kuliah. Mereka tidak perlu lagi meminta uang jajan dari orang tua mereka. Bahkan sebagian dari mereka membayar uang semester sendiri. Benar-benar anak yang berbakti ya sobat. Nah, sobat nggak ngiri tuh ? Sobat tentu mau donk menjadi kebanggan ayah dan bunda sobat ?

Let’s stop be a “Mahasiswa Kupu-Kupu”. Raihlah prestasi, kejarlah impianmu. Banyak sekali kerugian yang dapat ditimbulkan si mahasiswa kupu-kupu ini salah satunya sobat akan menjadi ketinggalan informasi dan gosip teruptodate dikampus. Nah, sobat bakalan jadi kuper donk gara-gara nggak up to date..

Comments
0 Comments

0 komentar :

Posting Komentar